Selasa, 09 Juni 2020

Melalui Komsos Babinsa Lakukan Pembinaan Jaring Teritorial



Jepara – Babinsa Desa kaligarang koramil 08/keling Serma Rosidin Komsos dengan wargabinanannya bersama Bhabinkamtibmas dan pemdes setempat, selasa (9/6/2020).

Komsos merupakan salah satu metode binter yang  bisa dilaksanakan baik secara langsung maupun tidak langsung oleh seorang Babinsa. Dengan Komsos inilah seorang Babinsa dapat berkomonikasi dengan komponen masyarakat maupun aparat pemerintah terkait, sehingga tercipta kebersamaan, hubungan yang erat antara Babinsa dengan warga binaannya untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas Babinsa.

Sebagai Babinsa  Komsos ini merupakan hal rutinitas yang setiap hari dilakukan  dimana dalam pelaksanaanya kita harus memahami adat istiadat warga setempat. Dalam setiap kegiatan yang ada diwilayah Babinsa harus larut dalam kegiatan tersebut  sebagai Babinsa ikut serta  mengahadiri kegiatan keagamaan  giat keamanan lingkungan dengan jalan melakukan pengecekan ronda atau jaga malam dalam kegiatan kerja bakti ,Babinsa ikut serta dalam giat tersebut  sehingga kehadiran Babinsa dilapangan diterima oleh warganya.

Selain kita menjalin tali silaturahmi dengan masyarakat binaan, melalui komsos inilah Babinsa dapat melalukan pembinaan jaring teritorial, dimana jaring inilah sebagai informan terhadap Babinsa, terutama hal hal menonjol yang perlu penanganan lebih lanjut.

Tanpa kita mencari informasi tentang situasi  wilayah binaan apabila hubungan kita dengan jaring teritorial di wilayah sudah terjalin dengan bagus, maka mereka akan menginformasikan situasi wilayah kepada kita, sehingga Babinsa dapat mencari solusi jalan selanjutnya, sehingga masalah yang ada dapat diselesaikan dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar