Senin, 15 Juni 2020

Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Hadiri Musdes Dsalam Penyusunan Penetapan RKP Desa Tengguli



Jepara - Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama Bhayangkara Pembina Keamanan & Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) memiliki peran penting menciptakan kondisi keamanan di wilayah pedesaan.

Bertempat di Balai Desa Tengguli Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara berlangsung kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) untuk Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2021, hadir dalam kegiatan tersebut Serka Rifanto selaku Babinsa Tengguli bersama 3 Pilar Desa Tengguli, kegiatan ini juga melibatkan seluruh unsur masyarakat Desa Tengguli, Senin (15/06/2020).

Fatkur, S.H, M H selaku Petinggi Desa Tengguli dalam sambutannya mengajak kepada jajaran Pemerintahan Desa Tengguli tanpa terkecuali untuk bisa mengikuti musyawarah dengan sebaik-baiknya.

"Melalui Musdes ini masyarakat bisa memberikan usulan sehingga mendapatkan kesepakatan dalam menentukan prioritas dalam melakukan pembangunan desa melalui Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) untuk tahun 2021 nanti Insya Allah kita akan adakan pemerataan pembangunan di desa sesuai dengan prioritasnya," jelas Petinggi Desa Tengguli Fatkur, S.H, M.H.

Musyawarah Desa yang dilaksanakan dalam rangka Perencanaan Pembangunan Desa untuk penyusunan RKP Desa Tahun 2021, Penyusunan Perencanaan Pembangunan Desa melalui Musyawarah Desa, serta berpedoman pada Peraturan Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pedoman Tata Tertib dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa.

Pendamping Desa Kecamatan Bangsri Budi Prasetyo, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan peranan dan tugasnya dalam pelaksanaan Dana Desa, beliau juga berterimakasih terhadap jajaran Pemerintahan Desa Tengguli dan tokoh masyarakat yang hadir serta melaksanakan perencanaan Dana Desa dengan sebaik-baiknya.

"Saya menghimbau kepada masyarakat Desa Tengguli supaya tidak menutup mata melihat kesalahan Pemerintah Desa dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa melalui Dana Desa serta saya sampaikan kepada seluruh lapisan masyarkat Desa Tengguli agar mendukung Bumdes Tengguli yang berfungsi untuk meningkatkan ekonomi di Desa Tengguli", Ungkap Budi Prasetyo, S.Sos.

Selain itu juga Budi Prasetyo, S Sos menyinggung terkait Pemberdayaan masyarakat juga penting untuk di prioritaskan sehingga visi Desa Tengguli bisa terlaksana.

Dalam kesempatan yang sama Ketua BPD Tengguli Nur Alim, S.Ag menyampaikan pencermatan RPJMDes sebagai dasar BPD merumuskan program-program yang akan di rencanakan untuk di tuangkan dalam berita acara sebagai dasar penyusunan rancangan RKPDes yang akan di verifikasi oleh tim perumus dan tim penyusun.

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, seluruh peserta Musyawarah Desa (Musdes) menyepakati beberapa hal yang menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa dalam rangka penyusunan RKP Desa yaitu menyepakati hasil Pencermatan RPJMDes dan usulan dari masing-masing masyarakat serta hasil penjaringan-penjaringan di tingkat RW yang akan dijadikan bahan masukan pada Musrenbangdes selanjutnya.

"Saya mengajak kepada seluruh warga Desa Tengguli untuk sama-sama menjaga apa yang telah dibangun selama ini dari alokasi dana desa, untuk kepentingan kita bersama sehingga pembangunannya bisa bertahan lama", ujar Babinsa Tengguli Serka Rifanto.

"Hasil kesepakatan ini nantinya dalam pembangunannya akan kita kawal bersama 3 Pilar Desa, agar tidak terjadi penyalahgunaan anggaran yang berujung berurusan dengan aparat penegak hukum", imbuh Bhabinkamtibmas Desa Tengguli Bripka Subandi.

0 komentar:

Posting Komentar