Selasa, 09 Juni 2020

Babinsa Bersama Tiga Pilar Desa Dan Ketua Karang Taruna Guyangan Jalin Komsos



Jepara - Komunikasi Sosial merupakan sarana penyampaian pesan Babinsa dalam melaksanakan tugas sebagai pembina desa. Seorang Babinsa harus memiliki kemampuan komunikasi sosial yang baik dengan komponen masyarakat dan aparat pemerintah lainnya, sehingga melalui komunikasi tersebut Babinsa dapat mengajak komponen-komponen yang ada untuk ikut berpartisipasi dalam perencanaan, penyiapan dan apa yang diinginkan oleh pemerintah sebagai program prioritas untuk mensejahterakan masyarakat.

Pembinaan Teritorial melalui Komunikasi Sosial seperti yang dilakukan Babinsa Ramil 07/Bangsri Kodim 0719/Jepara Serda Riyanto yang melaksanakan Komunikasi Sosial bersama Tiga Pilar Desa dan Ketua Karang Taruna Guyangan di Balai Desa Guyangan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara, selasa (09/06/2020).

Kepada Tiga Pilar Desa dan Ketua Karang Taruna Guyangan, Babinsa mengatakan bahwa dalam memberdayakan kekuatan pertahanan, TNI harus berperan aktif dalam semua bidang termasuk Komsos ini. Pasalnya, jajaran Satkowil harus bisa mengembangkan peranannya di daerah, terutama dalam membina potensi pertahanan untuk memberdayakan menjadi kekuatan pertahanan, guna mempertahankan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah, melindungi kehormatan dan keselamatan bangsa Indonesia serta menumbuhkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Dalam situasi terakhir ini negara Indonesia sedang genting dengan adanya Pandemi Covid-19 yang cukup meresahkan seluruh elemen masyarakat baik yang di perkotaan maupun di pedesaan, semuanya terdampak baik dari segi ekonomi, kehidupan sosial kemasyarakatan maupun keagamaan. Untuk itu peran Babinsa sangat dituntut, bagaimana seorang Babinsa mampu mengaplikasikannya dilapangan, yaitu dengan menjalin komunikasi dengan komponen terkait, menciptakan sitkamtibmas agar tetap kondusif dan stabil, juga ikut berperan dalam upaya percepatan penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19 diwilayah binaan.

Baru-baru ini pemerintah akan menerapkan Sistem New Formal suatu keadaan dimana sektor-sektor akan di normalkan kembali, terutama sektor perekonomian seperti mall, bandara, pelabuhan, pasar dan lain-lain. Dalam situasi ini Tiga Pilar Desa dan Ketua Karang Taruna Guyangan bersama Satgas Tanggap Covid-19 harus tampil dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Virus Corona Covid -19 diantaranya :

- Aktif melaksanakan Sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat agar tetap memperhatikan bahaya dan pencegahan virus Corona Covid 19 yaitu dengan tetap menerapkan Sosial Distancing/Physical Distancing, hindari jabat tangan langsung, selalu cuci tangan dengan sabun antiseptik, memakai masker bila hendak kegiatan diluar rumah, mengkonsumsi makanan sehat dan vitamin C/E dan menerapkan Protokoler Isolasi Mandiri selama 14 hari bagi warga masyarakat yang baru pulang dari perantauan dalam maupun luar negeri.

- Menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan hal-hal yang sudah dianjurkan oleh pemerintah agar masyarakat lebih sadar hukum.
- Menangkal polemik di masyarakat terkait adanya berita yang tidak otentik/Hoaks.
- Menghimbau masyarakat agar tidak panik dan selalu optimis dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar Virus Corona Covid 19 segera berakhir.

Dan yang berikutnya, dalam mencegah penyebaran virus Corona Covid -19 manakala sudah diberlakukan New Formal, seluruh elemen masyarakat harus tetap bersatu padu, saling menyadari, saling mendukung, terutama bagi masyarakat. Masyarakat hendaknya menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona Covid -19 tersebut. Dengan mentaati, mematuhi dan melaksanakan anjuran-anjuran yang sudah disampaikan baik dari pemerintah Pusat maupun Daerah supaya penanganan dan pencegahan Virus Corona Covid -19 dapat teratasi dengan baik, tandas Babinsa Guyangan Serda Riyanto.

0 komentar:

Posting Komentar