Senin, 05 Oktober 2020

Babinsa Komsos Dengan Petani Padi Dan Memantau ketersediaan Air untuk Persawahan

 

Jepara – Babinsa Desa Jlegong koramil 08/keling Serka Sumindar melaksanakan Komsos dengan Petani padi dan memantau perkembangan tanaman padi dan ketersediaan air aliran irigasi diwilayah  binaannya di Desa Jlegong Kecamatan Keling, senin (05/10/2020).

Mendampingi petani merupakan salah satu tugas Babinsa guna mendukung program Swasembada Pangan Nasional.

Pada pelaksanaan kegiatan Komsos dengan petani dan memantau perkembangan tanaman padi pada fase Pertumbuhan Vegetatif serta ketersediaan air pada masa tanam ke III di wilayah DesaJlegong, di lahan pertanian diwilayah ini ditanami padi sebagian yang tidak terjangkau saluran irigasi di tanami jenis palawija.

Serka Sumindar menjelaskan bahwa pada “Fase pertumbuhan vegetatif mencakup pertumbuhan akar, batang dan daun. Dalam fase ini tanaman memerlukan banyak cadangan makanan  (karbohidat) yang akan dirombak menjadi energi untuk pertumbuhan, di fase inilah harus di pupuk dan ketersediaan air harus cukup,” Jelas Babinsa.

Samidi pemilik lahan menjelaskan, bahwa tanaman padinya sudah berumur sekitar 70 hari.”Alhamdulillah perkembangan pertumbuhan tanaman padi kami cukup baik, hal ini karena selain perawatan yang maksimal juga karena ketercukupan akan adanya kebutuhan air,” tuturnya.

Ia berharap, ketersediaan air bisa tercukupi sampai nanti menjelang panen, karena curah hujan saat ini sudah sangat berkurang masuk musim kemarau

Semoga air irigasi masih tersedia sampai nanti menjelang panen, sehingga pertumbuhan tanaman padi tidak terganggu dan hasil panen dapat maksimal, pungkasnya.

Diakhir komsosnya Babinsa  mengajak poktan apabila ada kendala, permasalahan dilapangan  agar dikoordinasikan dengan Babinsa dan PPL sehingga dapat di selesaikan.

0 komentar:

Posting Komentar