Kamis, 17 September 2020

Mewujudkan Desa Sehat Bersama Babinsa Dan Pemerintah Desa

 

Jepara - Anggota koramil 08/Keling Kopda Sugiyono ciptakan desa sehat bersama sama pemdes watuaji kecamatan Keling, rabu (16/09/2020).

Tujuan ini tentu menjadi tanggung jawab semua unsur penyelenggara negara mulai dari tingkat pusat hingga level pemerintahan yang lebih kecil di daerah termasuk didalamnya peran aktif masyarakat desa untuk senantiasa terlibat dalam proses-proses pembangunan kesehatan guna merubah prilaku hidup bersih dan sehat di lingkungannya.

Pemerintah desa Watuaji adalah sebagai sebuah komunitas masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah dan wewenang sendiri, sajatinya dapat mengatur dan mengurus urusan dan kepentingan masyarakat-nya, berdasarkan prakarsa mereka. Prakarsa atau partisipasi masyarakat dalam upaya mencapai tujuan pembangunan kesehatan perlu didorong secara bersama-sama guna mewujudkan sebuah tatanan hidup masyarakat dengan paradigma “Desa Sehat” yang dihatapkan berimplikasi langsung bagi peningkatan status kesehatan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Sebagai babinsa Kopda Sugiyono mengharapkan daerah binaanya menjadi desa teladan bagi desa desa lain," Menurut saya Watuaji akan menjadi teladan bagi desa lain,karena kriteria desa sehat sudah di dapat salah satunya dalam pengolahan sampah menjadi barang bermanfaat"

Konsep Desa sehat yang di maksudkan adalah suatu gerakan untuk menciptakan atau mewujudkan sebuah desa dengan kondisi masyarakat yang memiliki pengetahuan tentang kesehatan termasuk gizi, mampu menerapkan pola atau budaya hidup sehat dan bersih baik jasmani maupun rohani.

Selain itu juga untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, bersih, rapi dengan mampu memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk kelangsungan hidup baik diri sendiri maupun orang lain dan juga sehat dalam arti mandiri secara ekonomi.

0 komentar:

Posting Komentar