Jumat, 10 Juli 2020

Babinsa Dampingi Bidan Desa dan Team Puskesmas Keling II Tracking Waganya



Jepara– Untuk memutus mata rantai penyebarluasan virus Corona (Covid-19) pemerintah Kabupaten Jepara dalam hal ini gugus penanganan Covid-19 Kecamatan Keling, petugas Puskesmas II ,Polsek Keling dan Koramil 08/Keling melaksanakan tracking terhadap  Bapak Pareng,  Dusun jehan RT 03 RW 04,Ibu Paesah ,Adik Rendi warga Dusun jehan RT 04 RW 03 dan Bapak Sukir Rt 04 RW 04  Desa Kunir Kecamatan keling, Jum’at (10/07/2020).

Ke empat  warga ini disinyalir pernah kontak langsung dengan pak mantri desa dengan panggilan ke desa - desa  memeriksa sewaktu sakit di  rumahnya ,cepogo pak mantri tersebut telah dinyatakan positif Corona.

Saat ditemui Babinsa Koramil 08/Keling Serda  M Sofyan menjelaskan bahwa penting untuk melakukan tracking untuk menelurusi jejak kontak antara pasien yang telah positif Covid-19 dengan orang yang berada di sekitarnya.

“Upaya melakukan tracking ini perlu dilakukan agar pasien positif Corona tidak semakin bertambah.” tutur Babinsa.

Untuk keempat warga tersebut, Babinsa menyampaikan pesan agar melaksanakan isolasi mandiri dengan memperhatikan betul protokol selama menjalani isolasi diri di rumah dengan memberikan jaminan tidak akan menularkan Covid-19 ke keluarga dan masyarakat.
Tinggal di rumah, tak perlu keluar, jauhi kerumunan, menghindari pertemuan yang banyak, gunakan masker, jarak dengan anggota keluarga enggak boleh kurang dari 1 atau 1,5 meter, makan gunakan alat tersendiri  Ini adalah bagian dari isolasi diri, tutur Babinsa.

Selain itu, Babinsa juga berpesan kepada warga tersebut untuk wajib melakukan monitoring kondisi tubuh, apabila mengalami gejala seperti batuk dan sesak bisa langsung menghubungi layanan kesehatan terdekat atau Bidan Desa.

Saat ini yang bersangkutan masih di rumah Kondisinya masih sehat dan masuk Orang Tanpa Gejala (OTG), namun yang bersangkutan  wajib isolasi mandiri yang akan diawasi langsung oleh pihak puskesmas, Pungkas babinsa.

0 komentar:

Posting Komentar