Selasa, 21 Juli 2020

Babinsa Bersama Tiga Pilar Hadiri Update Peta Sanitasi Puskesmas Kembang Di Balai Desa Cepogo



Jepara - Bertempat di Balai desa Cepogo Kecamatan Kembang, Babinsa Cepogo Koramil 07/Bangsri Koptu Kurnia menghadiri kegiatan Update Peta Sanitasi yang di selenggarakan oleh Puskesmas Kembang,  Selasa (21/07/2020).

Kegiatan ini juga di hadiri oleh Petinggi Cepogo Bapak H Sunaryo S.Ag, Bhabinkamtibmas Cepogo Bripka Aris, Bidan Desa Ibu Ladi Diana, Petugas dari Puskesmas Kembang Ibu Eni Widianti, Kader Kesehatan Cepogo.

Dalam kegiatan tersebut juga di terapkan protap kesehatan yaitu dengan cuci tangan pakai sabun, memakai masker dan jaga jarak.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Eni menjelaskan bahwa Pemicuan dengan metode CLTS (Community Led Total Sanitation) atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan suatu metode untuk memberikan pemahaman kepada maysarakat agar masyarakat dapat mengerti akan bahaya buang air besar sembarangan dan mau sadar untuk berhenti buang air besar sembarangan dan mengunakan air bersih.

“Pembuatan peta air bersih dan sanitasi ini merupakan salah satu langkah awal dalam melaksanakan pemicuan dengan metode CLTS tersebut dengan tujuan untuk mengetahui kondisi ligkungan di masyarakat. Selain itu, tujuan pemetaan ini adalah untuk membuat perencanaan dalam melaksanakan pemicuan agar dapat tepat sasaran”, jelasnya.

Adapun data-data yang dibutuhkan dalam peta ini adalah letak rumah yang diberi tanda rumah pada peta, tanda rumah yang berwana merah merupakan penduduk yang ekonominya menengah ke bawah  dan yang berwarna biru adalah yang menengah ke atas.

Selain itu hal yang terpenting adalah menandai rumah yang memiliki WC dan Sumber air bersih dan jika tidak memiliki WC maka diberi tanda panah ke mana arah buang air besar, apakah ke kali, kebun, Pungkas Koptu Kurnia.

0 komentar:

Posting Komentar