Senin, 08 Juni 2020

Pendampingan Babinsa Desa Semat Terhadap Bidan Desa Untuk Cegah Demam Berdarah Yang Berada Di Wilayah Binaan.



Jepara - Pagi ini, Babinsa Desa Semat Koramil 11/Tahunan Serda Tatag melakukan pendampingan terhadap Bidan Desa Ibu Nurul dalam memberantas sarang nyamuk yang berada di Desa Semat, Kecamatan Tahunan, Senin (8/6/2020).

Hadir pada kegiatan tersebut Petinggi Desa Semat Bapak Masnoor, Bidan Desa Semat Ibu Nurul Bersama anggota dan Babinsa Serda Tatag.

Hal tersebut untuk mengatisipasi meluasnya Demam Berdarah Degue (DBD) karena penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus Dengue yang menginveksi bagian tubuh melalui sistem peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Untuk itu Babinsa Serda Tatag bersama Bidan Desa Ibu Nurul melaksanakan pengecekan kerumah-rumah warga dengan mencegah perkembangan biyakan nyamuk Aedes aigypti dan mewabahnya penyakit demam berdarah.

Menyikapi hal tersebut Bidan Desa Ibu Nurul Mengatakan untuk mengantisipasi mewabahnya penyakit demam berdarah, yaitu dengan melakukan pemeriksaan tempat-tempat air, bak mandi dan lain-lainnya, sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat agar sering melakukan penggantian air dan menutup tempat air sehingga tidak dijadikan sarang nyamuk.  

“Kebersihan lingkungan merupakan faktor kesehatan bagi warga untuk itu dengan dengan menjaga lingkungan supaya bersih sehingga akan terhindar dari penyakit demam berdarah,” ucapnya.

Sementara, Babinsa Serda Tatag juga menghimbau kepada warganya agar selalu cek bak mandi, penampungan air agar terdektesi bila terdapat jentik nyamuk, tidak membuang sampah sembarangan, mengubur kaleng-kaleng bekas, membersihkan saluran pembuangan air agar tidak menjadi sarang nyamuk atau tempat berkembang biak nyamuk.

Selain itu, di tengah Pandemi covid-19 yang belum berakhir agar warga selalu mengenakan masker saat keluar rumah, selalu rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak, sehingga dengan hal tersebut akan membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran covid-19.

“Mari kita selalu menerapkan pola hidup sehat supaya kita terhindar dari penyakit DBD mapun covid-19 atau yang disebut virus corona ini,”pungkasnya (Pendim 0719/Jepara).

0 komentar:

Posting Komentar