Kamis, 04 Juni 2020

Babinsa Blimbingrejo Dampingi PPL dalam Penyemprotan Massal



Jepara – Dalam rangka membantu progam pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan, khususnya di wilayah Kabupaten Jepara, Babinsa Desa Blimbingrejo Koramil 05/Mayong Kodim 0719/Jepara Sertu Samsul Ma’arif melakukan pendampingan PPL dalam penyemprotan massal tanaman padi MT-II tahun 2020 di area persawahan Rt 01/02 Desa Blimbingrejo, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara, Kamis (04/06/2020).

Ketua PPL Handoko mengatakan, penyemprotan massal ini bertujuan untuk memberikan asupan unsur hara mikro dan untuk mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman padi.

“Unsur hara mikro diberikan melalui penyemprotan dengan pupuk daun, dan penyemprotan pestisida untuk mengendalikan hama dan penyakit,” jelas Handoko.

Ia menambahkan, pada tanaman padi, penyemprotan harus dilakukan dengan tepat dan benar, agar hasil produksi bisa maksimal. Sebab teknik penyemprotan, pestisida yang digunakan dan dosis penyemprotan memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan budidaya tanaman padi.

“Berbeda dengan jenis tanaman budidaya lainnya, pada tanaman padi ada masa dimana tanaman padi sama sekali tidak boleh disemprot. Jika pada masa tersebut penyemprotan tetap dilakukan, boleh jadi hasil produksi padi tidak maksimal,” imbuhnya.

Sementara itu, Sertu Samsul Ma’arif disela-sela pendampingan menyebut, penyemprotan massal yang dilakukan akan lebih efektif, karena selain mempercepat waktu, juga penyemprotannya akan lebih merata.

“Tetapi harus diingat, tetap gunakan protokol kesehatan agar kita terhindar dari Covid-19, dengan menjaga jarak dan tidak berdekat-dekatan serta memakai masker,” ujarnya.

Sertu Samsul Ma’arif menambahkan, dengan pendampingan yang dilakukan Babinsa, diharapkan warga semangat dalam merawat tanaman padi, sehingga hasil panen nantinya dapat maksimal.

Penyemprotan massal kali ini diikuti oleh Penyuluh Petugas Pengamat Hama Ahamdun, Ketua PPL Nalumsari Handoko dan Ketua Gapoktan Ngidi Rejeki H. Sutrisno. (pendim0719/afid).

0 komentar:

Posting Komentar