Senin, 10 September 2018

Ratu Shima, Wadah Peningkatan Kesadaran Bela Negara Bagi Penegak dan Pandega


Jepara - Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara. Saka Wira Kartika dibentuk berdasarkan Keputusan Bersama antara TNI AD dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor Perkasad 182/X/2007 dan Nomor 199 Tahun 2007 tentang  Kerjasama dalam Usaha Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Bela Negara dan Kepramukaan. Diperkuat dengan Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Nomor 13/Munas/2008 tentang Satuan Karya Pramuka Wira Kartika. Dalam pelaksanaannya Saka ini diatur oleh Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 205 Tahun 2009 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Wira Kartika.


Bertempat di Lapangan apel Koramil 08/Keling Dim 0719/Jepara, Pelda Kamina selaku salah satu instruktur Saka mengambil apel Saka Wira Kartika Ratu Sima yg di ikuti 35 orang anggota Saka, Minggu (09/09/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Pelda Kamina menyampaikan ucapan terimakasih kepada adik adik anggota yang sudah bergabung dengan Saka Wira Kartika Ratu Shima. Pelda Kamina juga menekankan masalah menjaga kekompakan dan kebersamaan di antara sesama anggota Saka, Kegiatan Saka Wirakartika ini merupakan kegiatan yang positif untuk di ikuti, ada yang membina dan mengarahkan, serta memberikan pelajaran dan pengalaman yang berharga bagi setiap anggotanya.

“Saka Wira Kartika Ratu Shima ini adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan, membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jadi saya bangga kepada adik-adik semua yang sudah bergabung dengan Saka ini”, jelas Pelda Kamina.

Setelah pelaksanaan apel, anggota Saka Wira Kartika Ratu Shima melaksanakan pembersihan pangkalan dan di lanjutkan dengan senam kebugaran dan pelajaran Tali temali yang di npimpin oleh senior-senior Saka Wira Kartika Ratu Shima.



0 komentar:

Posting Komentar