Selasa, 11 Juli 2023

Amankan Jalannya Pagelaran Wayang Kulit, Babinsa; Sebagai Wahana Untuk Menjaga Tradisi Budaya

 



 

JEPARA – Guna menjamin kelancaran dan ketertiban dalam acara pagelaran wayang kulit yang merupakan rangkaian dari sedekah bumi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Wonorejo, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara.

 

Babinsa Sertu M. Saehu anggota Koramil 01/Jepara melaksanakan pengamanan dan memonitoring jalannya acara tersebut di Balai Desa Wonorejo. Senin, (10/7/2023) malam.

 

Ketika ditemui Babinsa Sertu M. Saehu mengungkapkan wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di tanah Jawa, yang dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang serta  diiringi sebuah musik gamelan yang dimainkan oleh sekelompok nayaga dan tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden.

 

Pada hakekatnya pagelaran wayang kulit dalam rangka sedekah bumi ini adalah bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan karunia yang diberikan baik karunia rezeki, kesehatan, dan ketentraman bagi warga masyarakat desa Wonorejo.

 

“Dalam acara ini tentunya bukan hanya sebagai simbolisasi tradisi, melainkan pengenalan budaya kepada masyarakat dan anak muda. Selain sebagai wujud rasa syukur, juga sebagai wahana untuk menjaga agar tradisi budaya tidak punah”, kata Babinsa.

 

Lebih lanjut, tak hanya itu, pagelaran wayang kulit juga mempunyai nilai-nilai positif, di antaranya sebagai sarana berkumpul warga, sehingga akan tercipta keguyub rukunan dan silaturahmi antar sesama warga desa. (Pendim 0719/Jepara).

 

0 komentar:

Posting Komentar