Rabu, 25 November 2020

Babinsa Koramil/08 Keling Hadir Dalam Pencanangan Sekolah Bank Sampah "Kencana Berseri" Kelet

 

Jepara - Dalam rangka pengelolaan sampah dan memperkenalkan Sekolah Bank Sampah kepada masyarakat dan lintas sektoral terkait UPTD Puskesmas Keling I mengadakan kegiatan Pencanangan Sekolah Bank Sampah dengan nama "Kencana Berseri" di desa Kelet, kecamatan Keling, selasa (24/11/2020)

turut hadir Hadir dalam kegiatan ini antara lain Camat Keling diwakili Muhtadi, Babinsa Kelet Serda M Junedi, Kapolsek Keling IPTU Hadi Riyono SH beserta Babinkamtibmas desa Kelet Brigadir Kepala Yayang R, Kepala Puskesmas Keling I Dr Cosmas, Kasi DLH Kab Jepara Duddy, Perwakilan dari Bank Sampah Nasional Junaidi, Pembina Bank sampah kecamatan Keling Puskesmas Keling I  Setyo Wardoyo, Petinggi desa Kelet  Abdul Aziz ST. Ketua BPD  Joko Susilo, Ketua FKD  Muhtadi, Bidan desa Ny Tiwik, Ketua RW 05 B Heru, Motifator atau YouTuber Ny. Jeni Kamila, Pegiat lingkungan Kusnita dan Kader SBS desa Kelet serta anak-anak SBS Kencana Berseri desa Kelet.

Mewakili Camat Keling, Muhtadi mengungkapkan "Pencanangan dan Peresmian Sekolah Bank Sampah (SBS)  merupakan suatu kegiatan untuk memanfaatkan sampah menjadi barang yang bermanfaat dan bertujuan sebagai wadah bagi masyarakat dan ibu-ibu serta anak-anak untuk dapat mengembangkan kreatifitasnya dengan harapan dari sampah menjadi berkah, sekaligus saya resmikan dengan pemukulan kentongan, pungkasnya.

Bank sampah ini menjadi momentum awal membina kesadaran kolektif masyarakat untuk mulai memilah, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah guna membangun lingkungan yang lebih baik sekaligus membangun ekonomi, ujar Dr. Cosmas dalam sambutannya.

Paradigma pengelolaan sampah yang bertumpu pada pendekatan akhir sudah saatnya ditinggalkan dan diganti dengan paradigma baru pengelolaan sampah. Paradigma baru adalah memandang sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomis dan dapat dimanfaatkan.

Bank sampah merupakan strategi dalam mengembangkan dan membangun kepedulian masyarakat agar dapat berkawan dengan sampah bukan menjadikannya sebagai lawan.

Selain pengumpulan dan pengolahan sampah SBS Kencana Berseri juga memberikan beberapa materi pelajaran antara lain bahasa Inggris, bahasa Jawa, latihan pentas atau tari kreasi kepada anak-anak.

Sebagai Babinsa harus ikut serta dan berperan aktif dalam kegiatan Pencanangan Sekolah Bank Sampah (SBS) ini, Babinsa juga siap untuk memberikan dukungan dan motifasi kepada masyarakat dan generasi muda dalam pengolahan pemanfaatan sampah, pungkas  Serda Muhammad Junedi.

0 komentar:

Posting Komentar