Rabu, 14 Oktober 2020

Plt Danramil 07/Bangsri didampingi Babinsa Hadiri Monev DD/ADD Tahun 2020 Desa Guyangan.

 

Jepara - Dalam meningkatkan pemberdayaan wilayah pertahanan dan menjaga Sinergitas dengan unsur-unsur pemerintahan yang lain, sebagai bagian dari Satkowil (Satuan Komando Kewilayahan) Plt Danramil 07/Bangsri Kapten Inf Mukholik didampingi oleh Babinsa Desa Guyangan Serda Riyanto menghadiri kegiatan Monitoring dan Evaluasi penggunaan DD/ADD tahun 2020 Desa Guyangan Kecamatan Bangsri, rabu (14/10/2020).

Monitoring dan evaluasi dana desa yang bersumber dari DD/ADD tahun 2020 merupakan aspek penting dalam menjaga akuntabilitas penggunaan dana Desa. Hal ini dilakukan melalui mekanisme pelaporan secara berjenjang antar tingkat pemerintahan dan guna mengetahui sejauh mana kinerja pemerintahan desa dalam mengelola keuangan yang sudah anggarkan oleh pemerintah.

Hadir dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi DD/ADD tahun 2020 tersebut Forkopimcam Kecamatan Bangsri antara lain Camat Bangsri Bapak Debby Nifandrian, S.Sos, Kapolsek Bangsri AKP. Sarwo Edy santoso serta Kasi PMD Bapak Budi Wicaksono beserta Staf, Petinggi Guyangan Bapak Ridwan beserta Perangkat, Bhabinkamtibmas Bripka Jasmin, Ketua TPK Guyangan Bapak Asrip, Pendamping Desa Guyangan Bapak Baharudin dan Bapak Farid.

Dalam kesempatan tersebut Camat Bangsri Bapak Debby Nifandrian, S.Sos  menekankan kepada Tim pelaksanan DD/ADD dalam menggunakan Dana Desa harus sebaik mungkin, jangan sampai disalahgunakan. Dalam pengerjaan pembangunan yang bersifat fisik harus disesuaikan dengan alokasi anggaran yang ada dan untuk penyelesaian administrasi agar diselesaikan dengan baik dan sesuai prosedur/Juknis, tegas camat Bangsri.

Pemberdayaan masyarakat harus lebih dioptimalkan, untuk itu perlu adanya pendampingan dari pendamping desa maupun dari kecamatan. Terutama yang sangat penting adalah peningkatan SDM perangkat dalam melaksanakan tugas sesuai dengan Tupoksinya, sehingga diharapkan ke depan pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik dan untuk masyarakat yang melaksanakan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid 19 di wilayah Kecamatan Bangsri, imbuh camat.

Plt Danramil 07/Bangsri Kapten Inf Mukholik dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Monitoring dan Evaluasi yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung sejauh mana pelaksanaan program di desa serta untuk memantau apakah dalam pelaksanaannya sesuai dengan RAP atau tidak, “Tujuan Monev ini untuk mengetahui secara langsung sejauh mana pelaksanaan program di desa”, tutur Danramil.

Lebih lanjut Plt. Danramil menambahkan bahwa Pembangunan sudah terlaksana dengan baik, namun harus disesuaikan dengan alokasi anggaran yang ada dan dilengkapi dengan pembuatan SPJ, kwitansi dan prasasti, sehingga pembangunan itu arahnya jelas dari mulai tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan kegiatan sampai dengan pelaporannya, tambahnya.


Dalam sambutannya Kapolsek Bangsri juga menyampaikan bahwa pemberdayaan keuangan terkait dana pembangunan harus dipergunakan sebagaimana mestinya agar nanti ketika dimintai pertanggungjawaban penggunaan anggaran tidak bersentuhan dengan hukum. Menyinggung masalah kegiatan sosial kemasyarakatan salah satunya bagi warga yang melaksanakan kegiatan hajatan atau pengajian supaya memenuhi Protokoler Kesehatan dan Perbup No 52 tahun 2020 demi lancarnya kegiatan masyarakat, tegas Kapolsek.

Sementara itu di sela-sela kegiatan Babinsa Guyangan Serda Riyanto menyampaikan bahwa pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi DD/ADD tahun 2020 pada kali ini yaitu meliputi pengecekan Administrasi serta meninjau lokasi Pembangunan Fisik dan Non Fisik Tahap II dengan hasil 100% antara lain :

1. RTLH rumah milik Bapak Suliyanto Rt. 01/07 bantuan Rp.15.000.000,-

2. RTLH rumah Bapak Sawak Rt. 02/07 bantuan Rp.15.000.000,-

3. Pembangunan Talut saluran air Rw. 07, P : 165 M, anggaran : Rp.137.335.000,-

4. Pembangunan drainase Rw. 03 anggaran Rp.41.450.000,-

5. Senderan saluran air Rw.10 anggaran Rp.79.760.000,-

6. Festival kebudayaan desa Rp.55.677.200,-

7. Pelestarian BBRG Rp.205.500,-

“Berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi sejauh ini kami melihat pelaksanaan program kegiatan fisik maupun non fisik sudah berjalan dan sesuai RAP walaupun masih ada beberapa hal yang harus segera dipenuhi, dan akan segera dibuat dan dilaporkan,” terang serda Babinsa.

0 komentar:

Posting Komentar