Kamis, 02 Maret 2017

Penanganan Tanggul Kritis dan Rawan Jebol

Danramil bersama camat dan petinggi Troso
Sejumlah titik tanggul sungai yang masuk wilayah Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dalam kondisi kritis.
Tanggul sewaktu-waktu bisa jebol jika intensitas hujan tinggi terus mengguyur wilayah Kec Pecangaan dan sekitarnya yang berakibat meluapnya  sungai tersebut.
Danramil 04/Pecangaan, Kapten INF Mashudi bersama Camat pecangaan ,Petinggi Troso Abd Basir Beserta BPD dan Pereangkat  melalui Babinsa  Serda TNI Nur Chamin  menyatakan ada tiga tanggul di kecamatan pecangaan yang saat ini masuk kategori kritis dan rawan jebol sehingga mengancam puluhan hektar sawah serta ratusan rumah yang berada di sekitar tanggul.
Menurutnya, tanggul-tanggul tersebut berada tidak jauh dari pemukiman penduduk. Sehingga ratusan rumah di sekitarnya terancam banjir.
Apalagi, kata dia, ketika hujan deras di wilayah Jepara, yakni di Kecamatan Pecangaan dan Kalinyamatan warga sekitar waswas karena khawatir air kiriman menjebol tanggul.
"Di sekitar tanggul di Sungai Pecangaan dan Sungai Bakalan, terdapat ratusan rumah. Bila jebol, satu desa akan terdampak, diterjang banjir," ucapnya.
Menurutnya, tanggul tersebut rawan lantaran letak tanggul yang berada di belokan aliran sungai.
Selanjutnya, tanggul yang rawan jebol di aliran Sungai Alur  berada di Desa Troso, Kecamatan Pecangaan. Tanggul tersebut sudah berumur, sudah pernah diperbaiki secara manual oleh desa tapi hasilnya tidak maksimal harus dengan alat berat.
Namun, hingga saat ini  perbaikan terhadap tanggul tersebut hanya penambalan penambalan dgn karung karung yg di isi tanah., Serda TNI Nur Chamin menyebutkan tanggul di Sungai alur yang paling rawan jebol.
“Untuk itu mohon sekiranya  pihak terkait mau mendatangkan alat berat dan memperbaiki tanggul yang rawan jebol ini, sehingga  air jangan sampai masuk ke pemukiman padat penduduk," pinta Serda TNI Nur Chamin di depan Camat Pecangaan dan perangkat Desa Troso , Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara , Provinsi Jawa Tengah (Jateng).( Koramil 04/Pecangaan)

0 komentar:

Posting Komentar