Selasa, 14 Maret 2017

Babinsa Koramil 08/Keling hadiri Sosialisasi Kartu Tani

      Selasa tgl 14-03-2017 telah di laksanakan sosialisasi dan validasi Kartu Tani di desa Banyumanis.   Babinsa Banyumanis Serka Nuro'in bersama  Petinggi/Perangkat  ds Banyumanis, Gapoktan/Poktan desa Banyumanis, Toga/Tomasy & PPL desa Banyumanis melaksanakan kegiatan tersebut.
     Kartu Tani yang akan diberikan diharapkan memberi manfaat signifikan bagi para petani. Setiap petani punya kuota subsidi pupuk masing-masing, sesuai dengan Rencana Dasar Kebutuhan Kelompok (RDKK).    Dengan adanya Kartu Tani  para petani diajak untuk merancang pengolahan lahannya lebih matang. Penggunaan pupuk punya takarannya sendiri, tergantung pada luas lahan, jenis, dan jumlah komoditas yang akan ditanam.
      Selama ini yang terjadi, distribusi pupuk subsidi ini tidak terkontrol. Akhirnya petani yang seharusnya membutuhkan malah kesulitan cari pupuk subsidi tersebut.  Manfaat Kartu Tani  para petani diajak untuk merancang pengolahan lahan dalam bisnis pertaniannya memang tidak seberapa, hanya sekitar 5% dari total anggaran pengolahan lahan. Namun, bagi para petani dengan lahan dan modal terbatas, Kartu Tani bisa menopang sekitar 25% hingga 30%. Di samping distribusi pupuk bersubsidi, pemegang Kartu Tani   juga berhak mendapatkan asuransi jika gagal panen.  Yang paling penting dari program Kartu Tani  adalah pendataan para petani. Jika pemerintah dan pihak bank punya data yang jelas tentang komoditas, luas lahan, dan masa panen, maka kejadian seperti melonjaknya harga komoditas bisa diminimalisir. Selain itu, persoalan pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk para petani dijamin akan lebih mudah karena pihak bank punya data yang jelas.

0 komentar:

Posting Komentar