Jumat, 08 September 2023

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Jepara Beri Pembekalan Linmas Kesiap-Siagaan Menghadapi Bencana

 



 

JEPARA – Sebagai wujud sinergitas TNI-Polri, Babinsa Peltu Iskan anggota Koramil 01/Jepara bersama Bhabinkamtibmas Polsek Jepara Kota memberikan pembekalan dan pembinaan terhadap Linmas di Kelurahan Bapangan, Jepara. Pada Kamis, (7/9/2023).

 

Dalam kegiatan tersebut Babinsa dan Bhabinkamtibmas memberikan pembekalan terkait dengan kesiap-siagaan dalam menghadapi bencana alam di musim kemarau, hal ini dilakukan guna mengantisipasi bila terjadi bencana kebakaran di wilayah.

 

“Pemberian materi dan pembinaan ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran tugas Linmas di wilayah agar mereka memahami dan siap siaga apabila terjadi bencana alam,” kata Babinsa Peltu Iskan.

 

Lebih lanjut Babinsa menyampaikan anggota Linmas harus diberikan keterampilan dan pengetahuan sehingga dalam melaksanakan tugas lebih profesional serta proporsional paling tidak harus mengetahui tentang kondisi alam di lingkungan sekitar.

 

Linmas dilihat dari tugas, fungsi dan tanggung jawabnya, sangatlah penting keberadaannya di desa atau di Kelurahan, merupakan garda terdepan dalam penanganan masalah keamanan, ketentraman dan ketertiban sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

 

Dalam pembinaannya, Babinsa bersinergi dengan Bahbinkamtibmas dan juga Pemerintahan desa dengan pembekalan secara rutin sebagai upaya untuk menjaga serta memelihara pengetahuan maupun ketrampilan setiap anggota Linmas.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan memantapkan disiplin anggota Linmas, sehingga dapat mengimplementasikan apa yang didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Selain itu juga, agar tugas dan tanggung jawab Linmas dapat terlaksana dengan baik terutama tanggap terhadap bencana alam (Bencal).

 

“Untuk itu laksanakan pelatihan dengan serius dan bertanggung jawab, serta marilah kita sama-sama menjaga keamanan desa serta tanggap dengan bencana alam,”pungkasnya. (Pendim 0719/Jepara).

0 komentar:

Posting Komentar