Selasa, 17 November 2020

Menggali Kerajinan Rotan Babinsa Belajar membikin Keranjang dari Rotan

 

Jepara - Kegiatan yang di lakukan oleh Serma Rudi Babinsa Koramil 08/Keling  melaksanakan pelatihan keterampilan kerajinan tangan dari bahan rotan, beserta pemuda Desa yang mempunyai jiwa seni yang sangat luar biasa, selasa (17/11/2020).

Guna mengembangkan industri kerajinan tangan anyaman dari rotan, Pemerintah Desa melalui Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskoperindag), akan melakukan pelatihan kepada para pemuda dan ibu-ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang untuk mengembangkan keahlianya dengan menganyam rotan. Apabila anyaman tersebut dibuat dengan semenarik mungkin, maka akan ada nilai jual yang lumayan tinggi, sehingga bisa manambah kebutuhan dapur.

Dengan adanya kegiatan ini, maka bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM)  selain itu juga bisa meningkatkan penghasilan.

Dari situlah saya selaku Babinsa Desa Gelang tertarik ingin bisa dalam membuat kerajinan anyaman dari rotan, untuk itu saya bersama mas Reno bersama-sama tanpa memandang jarak atau gengsi saya meminta untuk di ajari cara membuat anyaman Rotan. Disamping itu juga untuk melatih seni diri saya, bisa juga untuk mencari sampingan dengan membikin anyaman Rotan, tutur Serma Rudi sambil tertawa.

Kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pribadi saya sendiri maupun pengrajin, jangan sampai berakhir disini saja. Apalagi dari sebuah kerajinan yang dihasilkan,  telah menjadi suatu kebutuhan masyarakat ke depan. Kemudian rotan pun bisa dijadikan berbagai bentuk sesuai dengan kreasinya.

Rotan pun bisa dianyam menjadi alas tempat panci, buah, pot dan lainnya. Apabila masyarakat Desa Gelang ini bisa lebih kreatif, maka dari hasil kerja kerasnya tersebut mampu bersaing di pasaran Nasional maupun internasional.

Bahan kerajinan tangan dari rotan ini sangat mudah didapatkan dan juga merupakan sumber daya lokal.

Dengan pembinaan dan pelatihan ini,  dapat meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Selain itu, pihaknya juga akan menggunakan bahan baku lainnya,  untuk membuat sebuah kerajinan yang ada nilai jualnya.

Semoga hasil karya mereka ini bisa memicu semangat warga desa lainnya untuk mengembangkan perkenomian Desa.

0 komentar:

Posting Komentar