Rabu, 18 November 2020

Babinsa Bantu Petani Panen Jagung Jenis Pionir 21

 

Jepara , Babinsa Desa Kaligarang  Koramil 08/ Keling  Serma Rosyidin melaksanakan pendampingan petani dengan membantu panen jagung jenis Pionir 21 , rabu (18/11/2020).

Dalam rangka giat Binter diwilayah desa binaan  dibidang pertanian Babinsa bersama dengan  PPL merupakan motor penggerak bagi  para petani  dimana pemerintah saat ini telah banyak memberikan bantuan kepada petani   baik berupa bibit  alsintan  maupun pupuk beesubsidi.

Saat ini  para petani mulai disibukkan dengan kegiatan panen  dimana sebagian besar sawah yang  para petani saat ini banyak  ditanami jagung dan kacang tanah.

Sementara untuk luas tanam padi lebih sedikit dibandingakan dengan jagung   karena dimusim kemarau persediaan air untuk pertanian agak kurang dibandingkan pada musim penghujan , sehingga para petani lebih condong untuk menanam jagung.

Harga jagung saat ini terbilang bagus  sekitar 4 ribu rupiah perkilonya.

Sebagai ketua Gapoktan  Kastari menyampaikan bahwa  di masa tanam ke tiga ini  alhmdulilah untuk petani desa Kaligarang  untuk pupuk maupun air masih mencukupi.

Sementara di musim kemarau saat ini  curah hujan masih sering terjadi  sehingga sangat mendukung bagi para petani. Memang untuk memperoleh  pupuk bersubsidi saat ini para petani harus menggunakan kartu tani , semua ini bertujuan agar pupuk bersubsidi benar benar tersalurkan tepat sasaran, tutur Kastari

Sebagai Babinsa , kami tentunya sangat mendukung program prgram pemerintah dibidang pertanian  dimana ditahun 2021 nanti , pembangunan desa dititik beratkan pada bidang pertanian , yang  bertujuan untuk pemulihan perekonomian masyarakat karena dampak dari pandemi Covid -19 yang belum selesai ini.

0 komentar:

Posting Komentar