Selasa, 24 April 2018

Babinsa Bersama Perangkat Desa Data Warga Yang Belum Punya Wc




Jepara - Strategi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah upaya dalam rangka percepatan peningkatan akses terhadap sanitasi dasar di Indonesia sebagaimana tercantum dalam  RPJMN  tahun 2015-2019 adalah tersedianya Universal Access, atau cakupan akses sebesar 100%,  untuk air minum dan juga sanitasi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. STBM merupakan suatu pendekatan untuk mengubah perilaku higine dan sanitasi melalui pemberdayaan dengan metode pemicuan.

Untuk mensukseskan Progam STBM, Babinsa Koramil 06/Welahan Dim 0719/Jepara Serda Totok Budiharto bersama Bapak Petinggi dan perangkat desa mengadakan musyawarah di Pendopo Desa Kalipucang Kulon Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara, Senin (23/04).

Dalam musyawarah tersebut di bahas dan di data warga yang belom mempunyai WC, sebagian besar yang belom mempunyai wc kebanyakan masih membuang air besar sembarangan atau dengan istilah ( jumbleng plung ) yang menyebabkan bauknya sangat menyengat. Dari aparatur desa mengharapkan kerjasama dengan TNI untuk membuatkan WC untuk warga yang belum mempunyai wc untuk di buat acuan warga lain biar yang membuang air besar sembarangan, karena itu menggangu kesehatan dan menjadikan sarang penyakit, supaya warga sadar dan membuat WC sendiri ,menuju Desa ODF di Wilayah kabupaten Jepara.

0 komentar:

Posting Komentar